Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu prodi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI). Prodi Bahasa Inggris ini adalah salah satu prodi tertua yang ada di FKIP UNDHARI. Lahir tahun 2011, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris terus berbenah diri. Tujuannya, jelas, ingin menjadi prodi terfavorit tidak hanya di UNDHARI, tapi juga tingkat nasional.

Tujuan tersebut memang tidak mudah, namun menilik dari histori dan prestasi yang digapai, tentu tujuan tersebut sangat realistis untuk disasar. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tidak hanya sukses dalam memamerkan eksistensi, tapi juga berhasil mendorong mahasiswa maupun alumninya untuk menorehkan prestasi, tidak hanya di tingkat lokal dan nasional, tapi juga di level internasional. Contohnya, yang paling hangat, keberhasilan mahasiswanya atas nama Dezzo Adzu Saputra, yang berhasil menggondol juara 2 lomba Story Telling tingkat mahasiswa PTN/PTS se-Sumbar. Bahkan, jika ditarik ulur 2 tahun sebelumnya, tepatnya pada medio 2017, Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNDHARI atas nama Dodi Widia Nanda berhasil mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk meraungi pendidikan Master (S2) di salah satu kampus terbaik di dunia, tepatnya di Monash University, Australia.

Bahkan, saat ini, Dodi Widia Nanda telah menamatkan pendidikan Masternya di Australia dan mengabdikan diri menjadi salah satu dosen tetap di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNDHARI. Alhasil, ini melengkapi daftar dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNDHARI yang juga sempat mengenyam pendidikan di luar negeri, seperti dosen Rauldatul Husni, yang sempat menempuh pendidikan di Filipina. Sementara itu, di jajaran dosen jebolan lokal, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNDHARI juga berasal dari kampus-kampus top yang ada di dalam negeri, seperti UPI Bandung, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Negeri Padang (UNP), dan lain-lain.

Oleh karena itu, berbekal sumber daya manusia (SDM) berkompeten diatas, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNDHARI telah meluncurkan 2 program andalan untuk mendorong mahasiswa-mahasiswanya untuk bersaing di level internasional, seperti melanjutkan studi di luar negeri. Berikut 2 program andalan prodi Bahasa Inggris UNDHARI tersebut:

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Dharmas indonesia terakreditasi BAN-PT dengan peringkat Baik berdasarkan SK Nomor 10398/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2021

 

VISI

Menjadi program studi yang menghasilkan tenaga pendidik Bahasa Inggris yang profesional berdaya saing ditingkat regional, terampil, kompeten dan berkarakter akhlak mulia pada tahun 2022.”

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional yang berorientasi kepada penguasaan keilmuan dan ketrampilan serta mampu mengaplikasikan berbagai inovasi terbaru dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
  2. Berdaya saing di tingkat regionalartinya menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi profesi dan berprestasi di LLDikti Wilayah X (Propinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau). Kompetensi seperti ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dunia pendidikan dan stakeholder di lapangan pekerjaan dan dapat menjawab tantangan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Terampilberarti menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan yang mumpuni baik di bidang bahasa, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Berakhlak Muliaberarti menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan nilai-nilai karakter dan akhlak mulia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari

Misi

  1. Menyelenggarakan program studi pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional menguasai keilmuan, memiliki keterampilan dalam komunikasi dalam pengajaran dan berkarakter akhlak mulia.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdiankepada masyarakat sehingga dapat memberikan kontribusi guna mendukung pengembangan dan penerapan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
  3. Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, Dinas terkait, asosiasi profesi, swasta dan perguruan tinggi lain untuk meningkatkan daya saing mahasiswa atau alumni.
  4. Melaksanakan program kegiatan mahasiswa di asrama untuk mengembangkan softskill dan karakter akhlak mulia.

Belajar Daring