Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) didirikan pada tahun 2011, bertepatan dengan pendirian STKIP Dharmasraya dengan SK Depdiknas No:39/DO/II/2011 dengan badan penyelenggara adalah Yayasan Amanah Ampang Kuranji (YAAK). Kemudian pada tanggal 2 Oktober 2015 STKIP Dharmasraya di lebur menjadi Universitas Dharmas Indonesia, dengan nama Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Program Studi PGSD merupakan salah satu program Studi yang termuda di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia (FKIP). Pertama kali berdiri sebagai program studi PGSD perguruan tinggi swasta di Dharmasraya, Sumatera Barat, Indonesia pada tahun 2015. Dalam perkembangannya, Program Studi PGSD mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru Sekolah Dasar (SD).

Saat ini Program Studi S1 PGSD Universitas Dharmas Indonesia terakreditasi Baik Sekali berdasarkan SK BAN-PT Nomor 2387/SK/BAN-PT/SURV-BDG/S/IV/2022 sehingga Program Studi PGSD ini menjadi favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun di dunia pendidikan. Program Studi PGSD, mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pkn, IPS, IPA, Kesenian, dan sebagainya. Selain pemahaman akademis, Dan juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial.


Visi Prodi PGSD:

"Pada tahun 2040 Menjadi Program Studi yang menghasilkan tenaga pendidik Guru Sekolah Dasar yang kompeten, profesional, inovatif dan berkarakter Akhlak Mulia di tingkat nasional”

Misi Prodi PGSD:

  1. Menyelenggarakan pendidikan Guru Sekolah Dasar sesuai dengan kurikulum berbasis KKNI, OBE, MBKM dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbasis layanan akademik prima untuk menghasilkan lulusan PGSD yang kompeten, profesional, inovatif, berkarakter akhlak mulia dan memiliki daya saing di tingkat nasional.
  2. Menyelenggarakan kegiatan akademik dan non akademik untuk menghasilkan produk ilmiah yang memiliki kontribusi positif bagi civitas akademika dan masyarakat berupa hasil riset dan hasil pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  3. Mengembangkan program studi dengan tata kelola organisasi terbaik yang menjadi inspirator bagi pengembangan dan kemajuan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  4. Mengembangkan kegiatan tridharma perguruan tinggi sesuai dengan bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk menjadi pusat pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat pada tingkat nasional.
  5. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi, stakeholders, dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), instansi pemerintah untuk mendekatkan lulusan dengan dunia kerja dan memenuhi kebutuhan pengguna dengan lulusan.