Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia didirikan pada tanggal 2 Oktober 2015 dengan nomor SK BANPT 70/KPT/I/2015. Prodi ini tergabung dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dharmas Indonesia. Penerimaan mahasiswa baru prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dimulai pada bulan Agustus 2016.  Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia berkomitmen akan menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia serta mempunyai skill yang bisa diandalkan.

Prodi Pendidikan bahasa Indonesia Universitas dharmas Indonesia terakreditasi BAN-PT dengan peringkat Baik berdasarkan SK Nomor 2263/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2021

Visi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia 

Pada tahun 2020 menghasilkan tenaga pendidik Bahasa Indonesia yang profesional, berdaya saing ditingkat regional, terampil, berkarakter, dan berakhlak mulia

Misi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia 

  1. Menyelenggarakan program pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Indonesia melalui sistem pendidikan tinggi yang terintegrasi dalam kurikulum yang dinamis untuk menghasilkan sarjana dan guru yang profesional, memenuhi standar kompetensi, cerdas dan berkarakter akhlak mulia
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang mendukung pengembangan keterampilan dasar untuk mengasah kecerdasan dan jiwa sosial masyarakat lulusan.
  4. Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, dinas terkait, asosiasi profesi, swasta dan perguruan tinggi lain untuk meningkatkan daya saing mahasiswa atau alumni.
  5. Memanfaatkan dengan maksimal fasilitas dan sumber daya yang dimiliki oleh perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang mampu memberdayakan bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Tujuan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Indonesia yang profesional, memenuhi standar kompetensi, cerdas, dan berkarakter akhlak mulia.
  2. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran bahasa Indonesia yang diperlukan dalam pengajaran bahasa dan sastra di berbagai jenjang pendidikan.
  3. Mendorong peningkatan pemberdayaan bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan yang terkait dengan pendidikan bahasa Indonesia melalui penelitian dan kegiatan ilmiah lainnya

Tenaga Pengajar

  1. Dr. Amar Salahuddin, M. Pd.
  2. Dr. Mulyadi, M. Pd.
  3. Faradilla Intan Sari, M. Pd.
  4. Rusyda Ulva, M. A.
  5. Aprimadedi, M. Pd.
  6. Ria Apriyati Rahman Hakim, M. Pd.

 Capaian Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air.
  5. Menguasai teori dasar dan keterampilan kebahasaan
  6. Menguasai teori belajar dan pembelajaran bahasa Indonesia.
  7. Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia.
  8. Menguasai metodologi penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia.
  9. Menguasai teori-teori dasar jurnalistik dan penulisan buku.
  10. Menguasai teori-teori kewirausahaan

Belajar Daring