FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA
Jayalah Undhari - Kampus Terakreditasi BAN-PT & Berasrama

Foto Bersama di acara Capping Day 2

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dharmas Indonesia merupakan pengembangan dari STIKES Dharmasraya. STIKES Dharmasraya berdiri pada tanggal 19 April 2007 dengan SK Dikti Nomor: 74/D/O/2007, memiliki 2 program studi antara lain Program Studi S1 Keperawatan dan DIII Kebidanan. Kemudian bertambah satu program studi pada tanggal 17 April tahun 2012 yaitu profesi Ners melalui SK Dikti Nomor: 116/E/O/2012 tentang penyelenggaraan program studi profesi ners pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES Dharmasraya) di Dharmasraya Sumatera Barat.
Pada tahun 2015 STIKES Dharmasraya, STMIK Dharmasraya dan STKIP Dharmasraya merubah bentuk menjadi Universitas Dharmas Indonesia melalui Surat Keputusan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor: 70/KPT/I/2015 tertanggal 2 Oktober 2015 untuk 3 (Tiga) Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dengan 3 (Tiga) Program Studi antara lain Program Studi DIII Kebidanan, Program Studi S1 Keperawatan, dan Program Studi Profesi Ners, dan pada tahun 2021 fakultas ilmu kesehatan menambah 2 program studi yaitu Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan.
Fakultas Ilmu Kesehatan memiliki 5 program studi yang terakreditasi yaitu Program Studi S1 Keperawatan terakreditasi baik sekali dengan No SK 0004/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/IV/2021 dan Profesi Ners terakreditasi baik dengan No SK 0005/LAM-PTKes/Akr.Bd/Pro/IV/2021. Sedangkan program studi DIII kebidanan sekarang sudah terakreditasi B dengan No SK 0257/LAM-PTKes/Akr/Dip/V/2019, Program Studi Sarjana Kebidanan terakreditasi baik dengan No SK 0113/LAM-PTKes/Akr.PB/Sar/VI/2023 dan Pendidikan Profesi Bidan terakreditasi baik dengan No SK 0114/LAM-PTKes/Akr.PB/Pro/VI/2023. Saat ini Fakultas ilmu kesehatan memiliki mahasiswa yang berjumlah 288 diantaranya Program Studi S1 Keperawatan 99 mahasiswa, Profesi Ners 29 mahasiswa, DIII Kebidanan 77 mahasiswa, S1 Kebidanan 83 mahasiswa.

 

Visi dan Misi

Visi:

“Pada tahun 2040 menjadi fakultas yang terkemuka dalam menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang kompeten, profesional, inovatif dan berkarakter akhlak mulia pada tingkat nasional.”

Misi:

  1. Menciptakan atmosfer akademik dan non akademik berbasis layanan prima untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang memenuhi standar kompetensi lulusan, cerdas, inovatif, berkarakter akhlak mulia, berintegritas dan memiliki daya saing ditingkat nasional.
  2. Menyelenggarakan kegiatan akademik dan non akademik untuk menghasilkan produk ilmiah pada bidang kesehatan yang memiliki kontribusi positif bagi civitas akademika dan masyarakat berupa hasil riset dan hasil pengabdian masyarakat.
  3. Mengembangkan fakultas dengan tata kelola organisasi terbaik yang menjadi inspirator bagi pengembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, seni, humaniora, sosial dan budaya.
  4. Mengembangkan kegiatan tridharma perguruan tinggi sesuai dengan bidang kesehatan untuk menjadi pusat pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat pada tingkat nasional.
  5. Menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi stackholder, dan dunia usaha industri (DUDI), instansi pemerintah dan swasta sesuai dengan bidang kesehatan untuk mendekatkan lulusan.

 

Struktur Organisasi

Struktur organisasi yang berjalan pada fakultas berjalan efektif dan efisien sehingga penyelenggaraan program studi dapat terlaksana dengan baik, dimana struktur organisasi Fakultas Ilmu Kesehatan berdasarkan SK rektor No. : 027/UNDHARI/SK/IX/2023 tentang penetapan pejabat struktural dilingkungan UNDHARI periode 2023-2027 :

Struktir Organisasi FIKES

 

 

Data Dosen

 

dosenFikes

PRODI S1 KEPERAWATAN DAN PROFESI NERS

  1. Ns. Candra Syahputra, M. Kep
  2. Ns. Reni Fitria, M. Kep
  3. Ns. Astuti Ardi Putri, M. Kep
  4. Ns. Sri Fawziah, M. Kep
  5. Ns. Erma Erfiana, M. Kep
  6. Ns. Dian Eka Putri, M.Kep
  7. Ns. Rida Suriani, M. Kep
  8. Ns. Costarin Enopadria, M. Kep
  9. Ns. Muhammad Chandra, M. Kep
  10. Ita Dwiaini, S. Farm., Apt., M.Sc

 

PRODI D III KEBIDANAN, S1 KEBIDANAN DAN PENDIDIKAN PROFESI BIDAN

  1. Bdn. Evin Noviana Sari, S.ST., M.Keb
  2. Bdn. Siti Khotimah, S.ST., M.Keb
  3. Bdn. Sri Andar Puji Astuti, S.ST., M.Keb
  4. Bdn. Rati Purwati, S.ST., M.Keb
  5. Bdn. Eni Yuliawati, S.Tr. Keb., M.KM
  6. Bdn. Hafizah, S.ST., M. biomed
  7. Nabila Alfina, S.Tr. Keb., M.Keb
  8. Siti Ainawati Mumtazah, S.Tr. Keb., M.Keb
  9. Puja Maya Sari, S.Tr. Keb., M.Keb
  10. Novia Dwijayanti, S.Tr. Keb., M.Keb
  11. Ningsih Saputri, S.Tr. Keb., M.KM
  12. Husna, MKM
  13. dr. Yufi Permana, M.Ked(OG). Sp.OG
  14. Frenstika Veriyani, S.Tr. Keb., M.KM
  15. Culeksi Yusie Noviana Putri, S.Si.T, M.Kes
  16. Aritka Hairani Manurung, S.ST., M.Keb

 

PROFIL LULUSAN

 

PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN, S1 KEBIDANAN DAN PENDIDIKAN PROFESI BIDAN

Care Provider

:

Lulusan Bidan mampu memberikan asuhan kebidanan  secara professional khususnya pada pelayanan kebidanan dengan pendekatan komplementer berbasis kearifan lokal

Communicator

:

Lulusan Bidan mampu berkomunikasi secara efektif  melalui kerjasama lintas sektor dalam pelayanan kebidanan dengan pendekatan komplementer berbasis kearifan lokal

Community Leader

:

Lulusan Bidan memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu mengelola asuhan kebidanan khususnya bidang pelayanan kebidanan dengan pendekatan komplementer berbasis kearifan lokal

Decision Maker

:

Lulusan Bidan mampu berperan sebagai pengambil keputusan yang independen untuk kesehatan bagi klien keluarga dan masyarakat khususnya dalam bidang pelayanan kebidanan dengan pendekatan komplementer berbasis kearifan lokal

Reasearcher

:

Lulusan Bidan memiliki kompetensi untuk melakukan penelitian sederhana khususnya pada bidang pelayanan kebidanan dengan pendekatan komplementer berbasis kearifan lokal

Berakhlak Mulia

:

Lulusan Bidan diharapkan menjadi manusia yang berakhlak mulia dan mampu menjadi tauladan bagi masyarakat dan lingkungannya. 

 

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN DAN PROFESI NERS

Care Provider

:

Lulusan perawat mampu memberikan asuhan keperawatan kepada klien dalam rentang sehat-sakit sepanjang kehidupan manusia di berbagai tatanan pelayanan keperawatan.

Communicator

:

lulusan perawat mampu menjadi komunikator dengan klien, keluarga, sesama perawat, dan profesi kesehatan lainnya dalam memberikan perawatan yang efektif dan membuat keputusan dengan klien dan keluarga.

Educator dan Health Promoter

:

lulusan perawat mampu menjelaskan kepada klien dan keluarga terkait konsep dan data-data tentang kesehatan, mendemonstrasikan prosedur seperti aktivitas perawatan diri, menilai dan mengevaluasi pemahaman kemajuan pembelajaran.

Manager dan Leader

:

Perawat profesional pada saat memberi pelayanan kesehatan harus mampu melakukan fungsi dan peran manajemen keperawatan pada tingkat lini pertama manajemen (lower manager). Selain itu juga lulusan perawat mampu mengelola asuhan keperawatan pada kelompok perawat dan atau klien.

Reasearcher

:

lulusan perawat harus mampu mengidentifikasi kesenjangan antara teori asuhan keperawatan dengan praktek profesi yang diberikan, merumuskan masalah, dan mengidentifikasi alternatif penyelesaian masalah

Berakhlak Mulia

:

Lulusan Perawat diharapkan menjadi manusia yang berakhlak mulia dan mampu menjadi tauladan bagi masyarakat dan lingkungannya. 

 

PROSPEK LAPANGAN KERJA KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN

Bidan maupun perawat memiliki peluang kerja luas di berbagai instansi kesehatan swasta dan negeri. Mereka dapat bekerja di rumah sakit, puskesmas, laboratorium, balai pengobatan, dan klinik kesehatan. Juga bisa bekerja sebagai peneliti dan dosen/pengajar. Tidak ada hal yang membedakan, bidan dan perawat dapat membuka praktik mandiri sesuai dengan peraturan yang berlaku. Saat praktik mandiri, seorang bidan dapat memberikan penyuluhan dan pengobatan mandiri, begitu juga dengan perawat.