Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu prodi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI). Prodi Bahasa Inggris ini adalah salah satu prodi tertua yang ada di FKIP UNDHARI selain PGSD, Pendidikan TI dan Matematika. Lahir semenjak tahun 2011, di usia yang menuju angka 9, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris terus berbenah diri. Tujuannya, jelas, ingin menjadi prodi terfavorit tidak hanya di UNDHARI, tapi juga tingkat nasional.

Tujuan tersebut memang tidak mudah, namun menilik dari histori dan prestasi yang digapai, tentu tujuan tersebut sangat realistis untuk disasar. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tidak hanya sukses dalam memamerkan eksistensi selama 9 tahun ini, tapi juga berhasil mendorong mahasiswa maupun alumninya untuk menorehkan prestasi, tidak hanya di tingkat lokal dan nasional, tapi juga di level internasional. Contohnya, yang paling hangat, keberhasilan mahasiswanya atas nama Dezzo Adzu Saputra, yang berhasil menggondol juara 2 lomba Story Telling tingkat mahasiswa PTN/PTS se-Sumbar pada medio tahun lalu. Bahkan, jika ditarik ulur 2 tahun sebelumnya, tepatnya pada medio 2017, Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNDHARI atas nama Dodi Widia Nanda berhasil mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk meraungi pendidikan Master (S2) di salah satu kampus terbaik di dunia, tepatnya di Monash University, Australia.

Bahkan, saat ini, Dodi Widia Nanda telah menamatkan pendidikan Masternya di Australia dan mengabdikan diri menjadi salah satu dosen tetap di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, UNDHARI. Alhasil, ini melengkapi daftar dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNDHARI yang juga sempat mengenyam pendidikan di luar negeri, seperti dosen Rauldatul Husni, yang sempat menempuh pendidikan di Filipina. Sementara itu, di jajaran dosen jebolan lokal, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNDHARI juga berasal dari kampus-kampus top yang ada di dalam negeri, seperti UPI Bandung, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Negeri Padang (UNP), dan lain-lain.

Oleh karena itu, berbekal sumber daya manusia (SDM) berkompeten diatas, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNDHARI telah meluncurkan 2 program andalan untuk mendorong mahasiswa-mahasiswanya untuk bersaing di level internasional, seperti melanjutkan studi di luar negeri. Berikut 2 program andalan prodi Bahasa Inggris UNDHARI tersebut:

1. Let’s Talk UNDHARI: Program ini gratis untuk mahasiswa UNDHARI, khususnya prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Program ini rutin diadakan satu kali dalam seminggu, tepatnya setiap hari Senin. Tujuan dari program ini adalah untuk melatih kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris secara lancar dan efektif, agar nanti bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri.

2. TOEFL Preparation UNDHARI: Program ini diselenggarakan dua kali dalam seminggu, yakninya pada hari Kamis dan Sabtu. Tujuan dari program ini adalah untuk menyiapkan mahasiswa UNDHARI, utamanya prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dalam memperoleh sertifikat Internasional Bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk studi lanjut di Luar negeri.

Belajar Daring