FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA
Jayalah Undhari - Kampus Terakreditasi BAN-PT & Berasrama

Dharmasraya, UndhariNews, Tahun akademik Semester Ganjil 2020- 2021 sudah memasuki penghujung masa. Untuk itu, Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) baru saja menggelar ujian praktik menari bersama mahasiswa semester tiga Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Sabtu (9/ 1/ 2021).

Mahasiswa mengadakan ujian praktik dalam bentuk Pagelaran Seni Tari Anak dengan tema “Merawat Kebudayaan, Mangasah Kreativitas” yang dilaksanakan di Gor Dara Jingga Kampus Undhari Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin mata kuliah pendidikan seni tari yang diampu oleh Ibu Ana Novitasari, M.Pd. Ana menyebutkan tujuan dan capaian mata kuliah pendidikan seni tari bagi mahasiswa PGSD bukan menjadikan mahasiswa sebagai penari andal dan profesional, tetapi mahasiswa dituntut untuk berkreativitas dengan menonjolkan rasa pada gerak tari.

“Mahasiswa juga dapat menyajikan berbagai keterampilan dalam menciptakan tarian-tarian untuk siswa sekolah dasar, membuat sebuah karya gerak, dan keterampilan membimbing siswa dalam kegiatan tari, serta mengembangkan berbagai sumber belajar tari untuk siswa sekolah dasar.” Tutur dosen muda lulusan S-2 Pendidikan Seni Universitas Negeri Yogyakarta ini

Selanjutnya, Ana menambahkan, selalu berpesan dan memotivasi mahasiswanya, bahwa menari itu bukan hanya untuk perempuan saja, penari bukan banci, bukan bencong. Tetapi, laki-laki juga bisa berkreativitas dalam menari. Karena pada dasarnya gerak tari perempuan dan laki-laki itu berbeda pakemnya. Laki-laki itu gerakannya gagah, tegas, dan tangkas sedangkan perempuan mengalun/luwes, kesan anggun (lembut). 

“Alhamdulillah, akhirnya mahasiswa laki-laki sangat antusias untuk menari dan berlatih. Kedepannya semoga dapat membuka wawasan dan motivasi mahasiswa untuk tetap mengenal dan berkecimpung di dunia seni terutama seni tari” imbuh Ana

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Undhari, Dr. Rahmatul Hayati, M.Pd menyampaikan rasa bangga dan semangat setelah beberapa kali mengapresiasi pertunjukan seni hasil karya mahasiswa.

“Kegiatan seperti ini dapat memotivasi mahasiswa agar dapat mengimplementasikan pengalamannya pada saat mengajar di sekolah. Saya berharap adanya kontribusi bagi pengembangan kualitas kampus dari prestasi maupun kekreativitasan mahasiswa dalam pembelajaran, khususnya seni tari di SD,” harap Yati. 

Sementara itu, mahasiswa PGSD kelas B, Pingka Langgora mengatakan, mata kuliah ini sangat menambah wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa.

“Dengan adanya mata kuliah ini, kami dapat menambah wawasan maupun pengalaman praktis dalam bidang seni tari. Harapannya ke depan guru-guru SD bisa lebih kreatif dalam proses pembelajaran dengan melibatkan tari sebagai salah satu media ungkap ekspresi seni,” pungkasnya. (Tim)

Belajar Daring