UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA (UNDHARI)
Jayalah Undhari - Kampus Unggul Tepercaya & Berasrama

Pulau Punjung, Gemaundhari, Melanjutkan studi ke perguruan tinggi merupakan salah satu pilihan yang bisa ditempuh siswa SMA ketika lulus nanti. Namun, juga perlu dipertimbangkan mengenai universitas dan program studi mana yang akan dituju. Untuk itu perlu ada informasi tentang profil universitas dan program studi agar tidak salah pilih. Dengan hal inilah Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) kembali mendapat kesempatan dan memberikan pengabdian masyarakatnya dalam bentuk kegiatan Training Motivasi Sukses Ujian dan Sukses Kuliah pada siswa SMAN 1 Pulau Punjung Dharmasraya, Selasa (23/2/2021).

Tidak tanggung-tanggung Trainer dan motivator Tim pengabdian dosen Undhari yang diketuai oleh Dedet Pratama, M.Pd, membawa tiga orang motivator yang andal, teruji, profesional dan berpengalaman, pertama Dr. Amar Salahuddin, M.Pd, doktor ilmu pendidikan, konsentrasi Pendidikan Bahasa UNP, doktor muda yang dimiliki Undhari Dharmasraya, yang juga sebagai Wakil Rektor II Undhari, kedua Moh. Rosyid Mahmudi, M.Si lulusan S-1 Fisika IPB dan S-2 Fisika ITB, Wakil Rektor III Undhari, dan yang ketiga Dodi Widia Nanda, S.Pd., M.Tesol, dosen FKIP Undhari Alumnus Undhari dan berkesempatan kuliah S-2 di Monash University Australia.

Dedet Pratama menyampaikan kegiatan masing-masing motivator menyampaikan materi dengan ringkas, jelas, dan lugas. Amar memotivasi untuk lanjut studi, dan menyampaikan Undhari salah satu alternatif, yang memiliki empat fakultas dan 17 program studi. “apa pun jurusan dan program studi kita pilih, dan di mana pun kita kuliah, jikalau kita benar-benar fokus, sungguh-sungguh, dan serius, kita akan sukses.” kata Amar.

Kemudian Pak Rosyid menjelaskan cara atau jalur masuk di Undhari, yaitu ada tiga, jalur undangan, jalur rekomendasi sekolah, dan rekomendasi kakak kelas, serta jalur umum seleksi penerimaan mahasiswa baru. Selanjutnya Pak Rosyid menyampaikan beasiswa yang tersedia yang di Undhari. “90 % mahasiswa Undhari mendapatkan beasiswa, baik itu bidikmisi, sekarang namanya Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), PPA, bantuan SPP UKT, beasiswa dari bank Mintra YAAK-Undhari, dll” ungkap Rosyid.

Materi pamungkas disampaikan Dodi Widia Nanda, yaitu testimoni sebagai alumnus dan motivasi dan semangat bagi adik-adik siswa SMAN 1 Pulau Punjung.
Nanda menyampaikan kesuksesan bukan ditentukan dari mana kita berasal. Tapi ditentukan oleh keberanian untuk bermimpi dan mewujudkannya.
“Tinggal dan belajar boleh di daerah. Tapi mimpi dan aksi kita harus nyata, demi mewujudkan cita-cita yang ada.” kata Nanda dosen muda asal Bukit Bajang Koto Baru

Kepala SMAN 1 Pulau Punjung Yunita, S.Pd.,MM. melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Sarpras Almen, S.Pd, menyampaikan terima kasih atas kesediaan tim dosen Undhari berbagi ilmu, pengalaman, dan informasi kepada siswa kelas XII SMAN 1 Pulau Punjung yang berjumlah 271 siswa. “Semoga dengan motivasi dan semangat yang diberikan dosen-dosen hebat Undhari tadi membuat siswa kami semakin semangat dan termotivasi untuk sukses ujian dan sukses lanjut studi ke perguruan tinggi” tutur Almen. (Tim)