UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA (UNDHARI)
Jayalah Undhari - Kampus Unggul Tepercaya & Berasrama

Dharmasraya, UndhariNews, Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) menggelar Capping Day Fakultas Ilmu Kesehatan tahun akademik 2020-2021 di Auditorium Dara Jingga Kampus Undhari, Sabtu (19/13/2020)

Acara ini, tampak dihadiri oleh Pembina dan Pendiri Yayayasan Amanah Ampang Kuranji (YAAK) Undhari ibu Dra. Hj. Elviana, M.Si. Rektor dan Wakil Rektor, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Undhari, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Dhamasraya, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Dharmasraya, serta tamu undangan dan orang tua dari mahasiswa Undhari tersebut.

Capping Day ini merupakan suatu seremonial yang diikuti mahasiswa tingkat satu, yang telah menjalani perkuliahan selama kurang lebih satu semester. Saat Capping day, mereka mengucapkan janji mahasiswa, lalu secara simbolis diberi pin dan kap (diperuntukkan khusus wanita) serta peresmian penggunaan seragam perawat.

"Capping Day ini merupakan proses awal bagi mahasiswa, dalam bergabung di profesi bidan dan keperawatan. Ini sebagai tanda siap mahasiswa untuk praktik di lapangan," ujar Apt. Ita Dwi Aini, S, Farm.,M.Sc Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Undhari.

Lanjutnya, dalam Capping Day ini, ada 34 mahasiswa yang mengikuti. Selain itu, ini menjadi salah satu motivasi untuk semua, agar lebih meningkatkan kompetensi yang ada.

Sementara itu, Elviana mengatakan, Capping Day ini sebagai motivasi pihak yang terlibat untuk dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki," jelasnya.

Ia juga berharap, agar mahasiswa yang sudah mengikuti Capping Day ini, bisa melaksanakan praktik di lapangan berdasarkan komptensi yang dimiliki.

“Semoga mahasiswa kita yang sudah ikut Capping Day ini, pada pelaksanaan praktik di lapangan bisa berdasarkan kompetensi yang ada,” ujarnya.

Selain itu, Capping Day ini menanamkan makna kepada mahasiswa untuk memiliki tanggung jawab yang profesional sebagai seorang calon perawat dan bidan mampu menjaga kerahasiaan dalam penanganan medis para pasien, mampu mengaplikasikan pengetahuan, sikap yang baik, dan keterampilan dalam melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien.

Pada akhir acara ada penyerahan piagam penghargaan dan beasiswa kepada dua mahasiswa berprestasi Fikes Undhari yaitu program studi S1 Keperawatan Anisa Nurul Karimah dan mahasiswa program studi D3 Kebidanan Sisilvia. (UndhariNews)