UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA (UNDHARI)
Jayalah Undhari - Kampus Unggul Tepercaya & Berasrama

Sistem Penyelenggaraan Pendidikan

SistemPenyelenggaraan Pendidikan di Universitas Dharmas Indonesia meliputi:

a.       PenyelenggaraanPendidikan;

b.      PenyelenggaraanPenelitian;

c.       PenyelenggaraanPengabdian Kepada Masyarakat.

Universitas Dharmas Indonesia menyelenggarakan pendidikan, sebagaiberikut:

a.       PendidikanAkademik;

b.      PendidikanVokasi;

c.       PendidikanProfesi.

UniversitasDharmas Indonesia menyelenggarakan program-program:

a.       Diplomapada Pendidikan Vokasi;

b.      Sarjana,Magister, dan Doktor pada Pendidikan Akademik;

c.       Profesipada Pendidikan Profesi.

Pelaksanan Pendidikan

Kegiatan pendidikan di Universitas Dharmas Indonesia dilaksanakandengan menggunakan sistem kredit semester dan waktu penyelenggaraannya diaturdengan menggunakan sistem semester. Dalam sistem kredit, perencanaan,penyusunan, dan pelaksanaan program pendidikan menggunakan kredit sebagai tolakukur beban pendidikan terutama yang menyangkut beban studi mahasiswa.

Dibawah ini akan diuraikan beberapahal penting untuk diketahui tentang pelaksanaan pendidikan dengan sistemsemester dan sistem kredit.

1. Sistem Semester

Semester adalah satuan waktu terkeciluntuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjangpendidikan. Satu semester 16 minggu kuliah.

2. Sistem Kredit

Sistem kredit adalah suatu sistempenyelenggaraan pendidikan dengan beban studi mahasiswa, beban kerja, tenagapengajar, dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan yang dinyatakandalam kredit. Dalam sistem kredit , beban studi yang harus diselesaikan olehmahasiswa pada suatu jenjang studi dinyatakan bentuk sejumlah kredit.Berdasarkan adanya perbedaan minat, bakat dan kemampuan antara mahasiswa satudengan mahasiswa lainnya, baik secara waktu untuk menyelesaikan beban studi maupunkomposisi kegiatan studi untuk memenuhi beban studi yang diwajibkan tidak harussama bagi setiap mahasiswa, meskipun mereka duduk dalam jenjang pendidikan yangsama.

3. Satuan Kredit Semester (SKS)

Satuan Kredit  Semester, yangbiasa disingkat SKS, adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnyabeban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha mahasiswa,besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha kumulatif bagi suatu program tertentu,serta besarnya usaha untuk menyelenggarakan pendidikan bagi perguruan tinggidan khususnya bagi tenaga pengajar.

Nilai Kredit Semester untuk TenagaPengajar Mata Kuliah Teori

Pada perkuliahan, satu kredit semesterterdiri atas