FAKULTAS HUKUM DAN EKONOMI BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA
Jayalah Undhari - Kampus Terakreditasi BAN-PT & Berasrama

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI-BEI) akhirnya resmi berdiri di Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI). Pendirian GI-BEI ini merupakan hasil kerjasama antara PT BEI, dan MNC Sekuritas dengan Undhari yang didukung oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Pendirian GI-BEI ini dimaksudkan untuk memperkenalkan pasar modal, membangun kebiasaan menabung, dan investasi sejak dini, baik kepada civitas akademika Undhari maupun masyarakat umum. GI-BEI sebagai one stop student activities, berfungsi untuk laboratorium pasar modal yang menyediakan data real time dalam belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham, baik bagi mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum.
“Adanya GI-BEI ini, kita bisa mengenal dan memahami lebih dekat perdagangan saham, menabung, atau investasi,” kata Wakil Rektor UNDHARI Amar Salahuddin, M.Pd., dalam sambutannya dihadapan pembina Yayasan Amanah Ampang Kuranji (YAAK), Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal (OJK RI), Direktur PT MNC Sekuritas, dan Direktur PT BEI di Auditorium Undhari, Sabtu (25/3).
Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat menyebutkan peluncuran GI-BEI UNDHARI merupakan ke delapan di Sumatera Barat, dan urutan ke 16 sepanjang 2017. Hingga saat ini menurut Samsul GI-BEI sudah mencapai 256 yang tersebar di seluruh Indonesia. Perluasan GI-BEI ini yang bekerjasama dengan pihak perguruan tinggi (PT) ini tidak hanya untuk civitas akademika kampus, tapi juga bagi masyarakat lainnya.
Pernyataan itu juga dibenarkan oleh Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal (Depepam) 1A OJK, Ghontor R Aziz, yang mengatakan dengan aktifnya GI-BEI ini dapat memberikan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh masyarakat, bahkan di luar kampus Undhari. “Adanya GIBEI ini bisa sebagai ajang edukasi khusus supaya mahasiswa dan kalangan masyarakat tahu literasi dan inklusi keuangan,” ujar Ghontor.
Sementara Ketua YAAK Undhari, Dra. Hj. Elviana, M.Si., menyambut baik kehadiran GI-BEI di kampus Undhari ini. Elviana pun berharap dengan adanya GI-BEI ini mampu menjadi penggerak pengetahuan pasar modal di kalangan kampus dan masyarakat Dharmasraya. Menurutnya pendirian GI-BEI Undhari ini sangat strategis karena letaknya di segitiga emas tiga provinsi, seperti Sumbar, Riau, dan Jambi.
“Kepercayaan ini akan menjadi semangat bagi kami sebagai salah satu pusat informasi investasi bagi masyarakat Dharmasraya dan sekitarnya,” ungkapnya di hadapan 350 peserta yang terdiri dari kepala dinas pendidikan, Kapolres Dharmasraya, kepala SLTP dan SLTA, MGMP Ekonomi, Wali nagari, dan pengusaha se Dharmasraya, civitas akademika UNDHARI, serta peserta dari Bungo, dan Tebo.
Sebelum acara diakhiri, seremoni peresmian GI-BEI Undhari ini pun ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua YAAK, Direk. Penilaian Perusahaan BEI, Direk. IT dan Online Trading MNC Sekuritas, Kepala Depepam, serta Ketua Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dharmasraya. Setelah itu acara dilanjutkan dengan menggelar Seminar Pasar Modal di Auditorium Undhari.
SUMBER: https://www.metroandalas.co.id/media.php?module=detailberita&judul=gibei-resmi-berdiri-di-undhari 

Belajar Daring