FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA
Jayalah Undhari - Kampus Terakreditasi BAN-PT & Berasrama

Painan, Gemaundhari.com-- Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) menggelar kuliah lapangan ke Pesisir Selatan dan Padang, Minggu- Senin (27-28/3).

Kuliah lapangan ini diikuti oleh mahasiswa dari empat kelas PGSD FKIP Undhari, yakni kelas A, B, C, dan D, totalnya berjumlah 200 mahasiswa. Kegiatan ini dibagi dalam dua tahap keberangkatan, tahap I minggu lalu, dan tahap II minggu ini. Kegiatan didampingi langsung oleh Wakil Yayasan Amanah Ampang Kuranji- Undhari Andisa Putra Dt. Mangku Rajo dan Wakil Rektor III Undhari Dr.Amar Salahuddin, M.Pd., serta dua dosen pembimbing Sonia Yulia Friska, M.Pd. dan Ahmad Ilham Asmaryadi, M.Pd.

Dr. Amar Salahuddin mengatakan, kuliah lapangan ini merupakan refleksi dari dua mata kuliah. Yaitu Pendididkan Bahasa Sastra Indonesia Kelas Rendah dan Pendidikan Seni Rupa. Pengampu mata kuliah terebut Amar dan Andisa.
Dalam kegiatan ini melakukan secara langsung aplikasi teori dan mini riset terkait dengan ukiran, gambar, dan arsitektur masjid terapung Samudra Ilahi dan Masjid Raya Sumbar. Serta cerita rakyat atau legenda asal usul Pulau Cingkuak Painan, Pesisir Selatan. Konon Sejarah mencatat, Pulau Cingkuak merupakan tempat berlabuh pertama bangsa Portugis di Pantai Barat Sumatera. Pulau Cingkuk juga pernah menjadi lokasi perundingan Raja Minangkabau dengan VOC. Fakta Sejarah ini bisa dijumpai dalam buku yang ditulis Rusli Amran: Padang Riwayatmu Dulu.

Dr. Amar menambahkan, Prodi PGSD FKIP Undhari, salah satu dari banyak prodi unggulan dan favorit di Undhari. Kampus Undhari pun siap untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka, yaitu dengan menggandeng dan bekerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta serta dunia usaha dan industri.
Juga wisata edukasi dan religi di Masjid Terapung Samudra Ilahi Painan Carocok, dan Masjid Raya Sumbar, untuk melihat bentuk, arsitektur, ukiran, dan gambar dari kedua masjid ini secara langsung.

Afifah Amatulloh, mahasiswa PGSD FKIP Undhari mengatakan, dengan kegiatan kuliah lapangan dapat mendengar dan melihat secara langsung cerita rakyat yakni legenda Pulau Cingkuak dan mahakarya Masjid Terapung Samudra Ilahi dan Masjid Raya Sumbar. ”Kita tak hanya jalan-jalan atau healing kata anak milenial sekarang, tetapi ada wisata edukasi dan religinya, pokoknya kegiatan ini keren dan bangga sebagai mahasiswa Undhari bisa mengikuti kegiatan ini,” kata Afifah.(Red)

Belajar Daring