FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA
Jayalah Undhari - Kampus Terakreditasi BAN-PT & Berasrama

PROGRAM UNGGULAN

A. Seminar Prestasi
Ajang Eksistensi diri Mahasiswa terhadap prestasi yang dapat menjadi inspirasi banyak orang
Melahirkan Pembicara Muda dari kalangan Mahasiswa
Penampilan bakat-bakat muda yang terbingkai dalam “Budaya Science Religius IT”
Mentoring Pembicara Muda oleh Para Dosen Filkom
Koordinasi Mahasiswa dan Dosen Fakultas Ilmu Komputer

B. PANJI START UP FESTIVAL
Festival Start Up tahunan yang melibatkan kaum milenial dalam penciptaan Aplikasi yang dapat memiliki manfaat positif bagi masyarakat luas

C. Praktek Kerja Lapangan (PKL) Internasional
FIkom bekerja sama dengan Instansi Pemerintah dan Swasta untuk dapat melakukan seleksi mahasiswa yang memenuhi kriteria. Untuk saat ini PKL Internasional diarahkan ke 2 (Dua) Negara tujuan yakni Thailand dan Jepang.
PKL Internasional bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Dharmasraya serta Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Barat

D. Student Exchange
Program pertukaran Mahasiswa ke Kampus Luar Negeri. Dengan ketentuan Mahasiwa mampu berbahasa Inggris dengan baik. Beberapa Negara Tujuan Singapura, Malaysia, Thailand dan Jepang

KOMUNITAS

A. KOMUNITAS ROTASI (ROBOT DAN AUTOMASI)

B. KOMUNITAS E2 (ENGLISH ENVIRONMENT)

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dharmas Indonesia atau lebih dikenal dengan FILKOM UNDHARI adalah bentuk transformasi perkembangan dari STMIK Dharmasyarayang berdiri pada tanggal 03 Juli 2008. Pada tahun 2015 terjadi penggabungan dari tiga bentuk Sekolah Tinggi, yaitu STMIK Dharmasraya, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharmasyara (STIKES Dharmasraya) dan Sekolah Tinggi keguruan dan ilmu Pendidikan Dharmasraya (STKIP Dharmasraya) dan yang kemudian dikenal dengan UNDHARI (Universitas Dharmas indonesia).
Dengan mengusung Tagline barunya:

“Budaya Science Religius IT … !!!”


Menjadi bingkai untuk semua pergerakan FILKOM, yang selalu membawa unsur Budaya agar tetap menghargai budaya ditengah Globalisasi Budaya Luar yang tak terbendung lagi, mencintai dunia Science, berjiwa Religius, serta menjadi pakar IT yang diperhitungkan.

Visi

Menjadi pusat unggulan di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi di tingkat regional dalam menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Misi

1.Mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional di bidang teknologi informasi dilandasi iman dan taqwa serta berakhlak mulia.
2.Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berbasis pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi.
3.Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang teknologi informasi yang memberikan kontribusi pada kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi.
4.Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang Teknologi Informasi dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat.
5.Melakukan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk mendekatkan kebutuhan pengguna dengan kompetensi lulusan.

Program Studi

  1. Sarjana Sistem Informasi (S1 SI)

Diarahkan untuk mampu menyelesaikan Permasalahan Perusahaan dalam Bidang Manajemen dan Akuntasi serta Kebijakan Organisasi (Perusahaan atau Instansi) 

Bidang Pekerjaan :

Programmer, Analis, Pakar IT dan Posisi IT lainnya 

  1. Sarjana Teknik Informatika (S1 TI)

Diarahkan untuk memiliki kemampuan Robotik, Automasi dan Jaringan Komputer Serta Technopreneurship 

Bidang Pekerjaan :

Programmer, Analis, Pakar IT, Perancang Prototype Robot, Perancang Mesin Otomatis Industri, Pakar Jaringan Komputer dan Posisi IT lainnya 

  1. Vokasi Teknik Komputer (D3 TK)
  • Diarahkan untuk mendapatkan kemampuan kombinasi SI dan TI. Serta memiliki kelebihan :
  • Memiliki Ijazah lebih Cepat karena bisa ditempuh dalam 3 Tahun
  • Bisa Lanjutkan kembali Ke SI atau TI hanya dengan menambah 3 Semester
  • Memiliki 2 Ijazah dalam waktu 4 - 4,5 tahun
  • Mampu merebut peluang kerja lebih banyak karena memiliki 2 Ijazah (Diploma dan Sarjana) jika lanjut ke SI atau TI 

Bidang Pekerjaan :

Operator IT, Perancang Prototype Robot, Perancang Mesin Otomatis Industri, Pakar Jaringan Komputer dan Posisi IT lainnya

bidikmisiUniversitas Dharmas Indonesia memang pantas jadi rebutan calon mahasiswa baru. Tahun akademik 2015/2016, kampus megah yang didirikan oleh Dra Hj Elviana, M.Si (Anggota DPRRI) dipercaya oleh Ditjen DIKTI Kemendikbud RI menerima mahasiswa penerima beasiswa bidik misi untuk 42 mahasiswa setelah sebelumnya pada tahun akademik 2014/2015 mengelola bidikmisi untuk 30 orang mahasiswa yang tersebar di 3 fakultas yang ada.

Beasiswa bidik misi merupakan beasiswa pendidikan miskin berprestasi yg diberikan oleh negara kepada mahasiswa berprestasi tapi terkendala dibidang pembiayaan. Setiap mahasiswa mendapatkan beasiswa Rp. 1 juta per bulan dimana Rp 400.000 untuk biaya SPP & Rp 600.000 untuk biaya hidup. Mahasiswa mendapatkan dana ini hingga tamat kuliah.
"Beasiswa bidik misi ini benar2 sangat menolong mahasiswa karena dibiayai oleh pemerintah hingga tamat"

Kami mengundang calon mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 ini untuk kuliah di Universitas Dharmas Indonesia dengan biaya beasiswa bidik misi sesuai dengan syaratnya.
Disamping dapat beasiswa bidik misi kampus yang semua prodinya terakreditasi BAN PT juga kebanjiran berbagai macam beasiswa seperti PPA dari kopertis serta beaiswa dana CSR dari PT Dharmasraya Lestarindo (PT DL) & dari bank mitra kerja yayasan yaitu Bank Nagari, BRI dan BNI. Tahun 2015 ditargetkan 150 orang mahasiswa kampus megah di pinggir lintas sumatera di Dharmasraya ini akan mendapatkan beasiswa PPA dari Dikti.

memakmurkanmasjidMasjid merupakan salah satu sarana yang penting untuk pembinaan umat islam yang sekaligus juga untuk mengagungkan nama Allah Swt. Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Sejalan dengan hal tersebut di atas, dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt dan menyemarakkan syiar islam di lingkungan kampus Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) Pembina Yayasan Amanah Ampang Kuranji-UNDHARI ibu Dra. Hj. Elviana,M.Si menghimbau (melalui surat Himbauan Nomor 001/YAAK/U/I/2016) kepada Bapak, ibu, Dosen, staf UNDHARI dan guru/staf SD-SMA Islam Modern terhitung mulai tanggal 5 Januari 2016 sampai seterusnya untuk dapat “menghentikan seluruh kegiatan saat adzan Dzuhur dan Ashar berkumandang” dan segera melaksanakan sholat fardhu di awal waktu yang dilaksanakan secara berjamaah di masjid (Amanah) kampus UNDHARI, kemudian Rektor UNDHARI Dr. Hj. Rakimahwati,M.Pd melalui Wakil Rektor Amar Salahuddin, M.Pd mengatakan untuk mendukung penuh dan melaksanakan kebijakan dan himbauan yayasan dalam rangka Gerakan Memakmurkan Masjid tersebut, Pimpinan Universitas sudah menyampaikan kepada seluruh Dekan dan Ketua Program Studi di Lingkungan UNDHARI agar menata jadwal kuliah sehingga pada waktu shalat tidak ada perkuliahan. Kegiatan Memakmurkan Masjid ini juga merupakan salah satu program dalam mewujudkan lulusan yang berkarakter akhlak mulia sesuai dengan Visi dari UNDHARI “Pada tahun 2020 Menjadi Perguruan tinggi yang kompeten, terkemuka, dan unggul dalam meyelenggarakan tridharma perguruan tinggi untuk menghasilkan produk ilmiah, lulusan yang memenuhi standar kompetensi lulusan, terampil, cerdas, berkarakter akhlak mulia serta menjadi pusat pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat pada tingkat regional”. (AS)

1452692725Ledakan perkembangan Teknologi Informasi saat ini membuat kebutuhan tenaga kerja di dunia IT semakin meningkat. Di Indonesia, terdapat 300.000 lulusan sarjana TI per tahun dari 250 program studi di seluruh perguruan tinggi yang ternyata masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja TI dikarenakan 75% dari lulusan tidak berikprah di dunia IT secara langsung. Pemanfaatan komputer dan teknologi informasi tidak lepas dari peranan perangkat keras dan jaringan komputer. Pada tahun 2018 diperkirakan 84% dari total populasi didunia akan menggunakan teknologi mobile phone/gadget dan pengguna Internet akan meningkat menjadi 3.6 Milyar. Pada skala nasional kehadiran program studi yang ada di FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNDHARI diharapkan dapat berpartisi aktif untuk mendukung Buku Putih Indonesia 2005-2025 yang memiliki tema Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bidang Ketahanan Pangan, dimana kebijakan penelitian, pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tahun 2005-2025 terdiri dari 6 bidang: (i) Ketahanan Pangan, (ii) Penciptaan dan Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan, (iii) Pengembangan Teknologi dan Manajemen Transportasi, (iv) Teknologi Informasi dan Komunikasi, (v) Pengembangan Teknologi Pertahanan dan Keamanan, dan (vi) Pengembangan Teknologi Kesehatan dan Obat. Hal ini menunjukkan pentingnya peranan TI dalam kehidupan. Saat ini diperlukan wadah bidang kajian riset khusus bidang TIK untuk fokus dalam mendukung peran tersebut dan akan lebih terdorong dengan lengkapnya program studi pada rumpun keilmuan komputer pada FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNDHARI.

FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNDHARI memiliki 3 Program Studi yaitu:

1. S1 Teknik Informatika
2. S1 Sistem Informasi
3. DIII Teknik Komputer Grafis

 

Program Studi S1 Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi FILKOM UNDHARI menerapkan kurikulum berbasis KKNI, Dosen Berkualifikasi Pendidikan S2 dan S3 dan telah bersertifikat sebagai Dosen, dilengkapi dengan Laboratoium Komputer yang memadai (Laboratorium Multimedia, Laboratorium Jaringan Komputer, Laboratorium Komputer Dasar, Laboratorium Pratikum Hardware Software, Laboratorium Programming), dilengkapi juga dengan adanya Mesjid, Kantin, Klinik Pratama, ATM, GOR, Auditorium, Studio Band, Fitnes Center, Asrama Mahasiswa, Ruang Seminar Mahasiswa dan Ruang Kuliah yang nyaman serta memberikan layanan Free Hotspot Area, Tahfidz Al Qur’an, English Day dan Bimbingan Konseling bagi mahasiswa. Program Studi Sistem Informasi FILKOM UNDHARI siap meluluskan tenaga profesional di bidang Sistem Informasi yang terampil, handal, dan berkarakter akhlak mulia.

 

Program Studi S1 Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika FILKOM UNDHARI menawarkan perpaduan pengetahuan teknis, teori dan pengalaman praktis tentang perangkat keras dan lunak, Web Programming, Rekayasa Perangkat Lunak dan Jaringan Komputer. Program Studi Teknik Informatika FILKOM UNDHARI menerapkan kurikulum berbasis KKNI, Tenaga Pendidik Berkualifikasi Pendidikan S2 di Bidang Ilmu Komputer dan telah bersertifikat sebagai Dosen, dilengkapi dengan Laboratoium Komputer yang memadai (Laboratorium Multimedia, Laboratorium Jaringan Komputer, Laboratorium Komputer Dasar, Laboratorium Pratikum Hardware Software, Laboratorium Programming), dilengkapi juga dengan adanya Mesjid, Kantin, Klinik Pratama, ATM, GOR, Auditorium, Studio Band, Fitnes Center, Asrama Mahasiswa, Ruang Seminar Mahasiswa dan Ruang Kuliah yang nyaman serta memberikan layanan Free Hotspot Area, Tahfidz Al Qur’an, English Day dan Bimbingan Konseling bagi mahasiswa.

 

Program Studi DIII Teknik Komputer

Program studi ini merupakan program studi baru dibuka seiringan dengan keluarnya ijin penyelengaraan Universitas Dharmas Indonesia. Program Studi DIII Teknik Komputer FILKOM UNDHARI memiliki 3 Konsentrari pada Desain Grafis, Multimedia dan Teknik Komputer Jaringan. Tenaga Pendidik Berkualifikasi Pendidikan S2 di Bidang Ilmu Komputer dan telah bersertifikat sebagai Dosen, dilengkapi dengan Laboratoium Komputer yang memadai (Laboratorium Multimedia, Laboratorium Jaringan Komputer, Laboratorium Komputer Dasar, Laboratorium Pratikum Hardware Software, Laboratorium Programming), dilengkapi juga dengan adanya Mesjid, Kantin, Klinik Pratama, ATM, GOR, Auditorium, Studio Band, Fitnes Center, Asrama Mahasiswa, Ruang Seminar Mahasiswa dan Ruang Kuliah yang nyaman serta memberikan layanan Free Hotspot Area, Tahfidz Al Qur’an, English Day dan Bimbingan Konseling bagi mahasiswa.

Subkategori

Halaman 1 dari 2