UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA

Jayalah Undhari - Kampus Terakreditas BAN-PT & Berasrama


Lembaga Penjaminan Mutu InternalDiterbitkan Tanggal : 13 Januari 2016
Lembaga Penjaminan Mutu Internal

Sistem penjaminan mutu (Quality Assurance System) adalah seluruh kegiatan terencana dan sistematis yang dilaksanakan dengan menggunakan sistem manajemen mutu untuk meyakinkan bahwa suatu produk atau jasa akan memenuhi persyaratan tertentu. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Dharmas Indonesia adalah kegiatan sistemik dan sistematis di Universitas Dharmas Indonesia yang didorong oleh kebutuhan dan kesadaran internal (internally driven) untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di Universitas Dharmas Indonesia.

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dipandang sebagai salah satu cara untuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, SPMI dianggap mampu untuk menjawab tantangan pendidikan tinggi. Secara umum, pengertian penjaminan mutu (quality assurance) pendidikan tinggi adalah:

  1. Proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga pelanggan memperoleh kepuasan.
  2. Proses untuk menjamin agar mutu lulusan sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan/dijanjikan sehingga mutu dapat dipertahankan secara konsisten dan ditingkatkan secara berkelanjutan. 

Dengan kata lain, perguruan tinggi dikatakan bermutu apabila mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya (aspek deduktif), serta mampu memenuhi kebutuhan/memuaskanstakeholders (aspek induktif) yaitu kebutuhan masyarakat, dunia kerja dan profesional. Sehingga, perguruan tinggi harus mampu merencanakan, menjalankan dan mengendalikan suatu proses yang menjamin pencapaian mutu. Untuk mewujudkan itu semua, diperlukan syarat-syarat normatif yang wajib dipenuhi oleh setiap PT. Syarat-syarat tersebut tertuang dalam beberapa asas, yaitu: 

  1. Komitmen
  2. Internally driven
  3. Tanggungjawab/pengawasan melekat
  4. Kepatuhan kepada rencana
  5. Evaluasi
  6. Peningkatan mutu berkelanjutan

Tujuan penjaminan mutu adalah memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan, yang dijalankan secara internal untuk mewujudkan visi dan misi PT, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi. 

Visi

Mewujudkan Akreditasi “UngguL” program studi UNDHARI melalui Sistem Penjaminan Mutu Prima Pada tahun 2020.

Misi 

  1. Menjunjung tinggi konsistensi manajemen mutu perguruan tinggi.
  2. Optimalisasi sistem penjaminan mutu prima, akuntabeld dan kredibel.

Lingkup Kebijakan

Cakupan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal adalah pada aspek perencanaan, penerapan, evaluasi, pengendalian, dan pengembangan standar mutu perguruan tinggi. Program Penjaminan Mutu Universitas Dharmas Indonesia dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan untuk menjamin: a) kepuasan pelanggan dan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders), b) transparansi, c) efisiensi dan efektivitas, dan d) akuntabilitas pada penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh Universitas Dharmas Indonesia. 

Program Penta Cita

  1. Merealisasikan visi & Misi Perguruan Tinggi melalui monev terhadap pencapaian visi & misi.
  2. Mewujudkan sistem tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil melalui manajerial kepemimpinan prima.
  3. Melaksanakan monitoring dan evaluasi secara kontinue terhadap kualitas mahasiswa dan lulusan.
  4. Mengupgrade SDM yang unggul dan berkompeten serta berdedikasi tinggi.
  5. Mewujudkan Kurikulum berbasis KKNI.
  6. Mewujudkan pembiayaan, sarana dan prasarana yang terprogram.
  7. Mengembangkan Penelitian dan kerjasama unggulan ditingkat regional.
Pengunjung Web

Anda Pengunjung yang ke - 62648

Link Terkait
Kontak Sekretariat UNDHARI
Jl. Lintas Sumatera, Km. 18, Kec. Koto Baru,
Kab. Dharmasraya, Prov. Sumatera Barat
Kode POS. 26781
Telp. 0813 6367 0736
Email. undhari@gmail.com