UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA

Jayalah Undhari - Kampus Terakreditas BAN-PT & Berasrama


Diterbitkan : 27 Oktober 2018 | Dilihat : 36 Kali
Pusat Karier UNDHARI Gelar Bimtek dan Simulasi Tes CPNS 2018 Bagi Alumni
Undhari News, Dharmasraya- Tahun ini pemerintah telah membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hal itu merupakan kabar gembira bagi masyarakat yang selama ini sudah lama menunggu pengumuman dan tes CPNS, karena moratatorium dari pemerintah.

Amar Salahuddin selaku penanggung jawab Pusat karier UNDHARI membeberkan dalam rangka persiapan dan mengahadapi tes CPNS itu, berdasarkan arahan pimpinan universitas dan yayasan, dan program dari unit Pusat Karier dan Ketenagakerjaan Dara Jingga Universitas Dharmas Indonesia-UNDHARI bekerjasama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Dharmasraya menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis dan simulasi tes CPNS 2018 bagi alumni UNDHARI. “kegiatan ini spesial buat alumni UNDHARI sebagai bentuk tanggung jawab UNDHARI untuk menghantarkan lulusannya ke jenjang karier yang lebih baik" Pungkas Amar.

Kegiatan bimtek, simulasi, dan tips lulus tes CPNS 2018 diikuti oleh 95 alumnus UNDHARI yang tersebar di Kabupaten Dharmasraya, Bungo, dan Tebo yang digelar di Auditorium Dara Jingga Jumat 26 Oktober 2018.

Rektor UNDHARI bapak Dr. Darmansyah, S.T., M.Pd yang hadir membuka acara menyampaikan kita harus tahu dan mengenal serta mengusai sistem yang berbasis CAT (Computer Assited Test) dalam mengikuti tes CPNS agar tidak terjadi kesalahan pada pendaftaran dan tes, banyak peserta yang gagal bukan karena tidak mengerti dan paham soal, namun kurang paham dan tidak menguasai teknologi yang digunakan pada saat tes. "Saya ucapkan, selamat datang kembali para Alumnus UNDHARi kekampus yang kita banggakan ini, saya harapkan para alumnus dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius supaya mimpi dan harapan menjadi PNS bisa tercapai.,"Tutup Darmansyah.

Adapun pematerinya langsung mendatangkan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Dharmasraya
Bapak Doni Budi Safitriyadi, S.Kom.,M.Si., Kepala Sub Bidang Informasi dan Fasilitasi Profesi ASN., kemudian testimoni dan ‘best practice’ dari alumnus UNDHARI yang sudah pernah ikut tes CPNS tahun 2014 dan lulus di Kabupaten Bungo Ns. Julaiha, S.Kep. (Alumnus FIKES UNDHARI) dan pemateri pamungkas bapak Moh.Rosyid Mahmudi, M.Si. (DEKAN FKIP UNDHARI yang memberikan motivasi kepada para alumnus UNDHARI.

Dalam materinya Bpk. Doni Budi Safitriyadi, S.Kom., M.Si., menyampaikan trik dan informasi seputar Tes CPNS. Peserta sangat antusias sekali menyimak dan bertanya untuk menghadapi tes CPNS 2018. Dari ketiga pemateri tersebut dapat disimpulkan tips dan  info penting dalam mengikuti ujian tes CPNS 2018 adalah sebagai berikut:
1. Jangan hanyut dengan soal, banyak soal yang panjang-panjang. Langsung saja baca soalnya, tidak usah baca teks/wacana. Kecuali kalau soalnya berkaitan dengan teksnya.
2. Waktu 90 menit, 100 soal
3. Jenis tes:  a. Wawasan kebangsaan. b.  Intelegensi umum (deret pasti keluar, akar,                                 angka romawi). c Karakteristik pribadi( semuanya ada nilainya)
4. Kalau masih ragu menjawab, tandai dulu. Nanti jika masih ada waktu tersisa kembali diulang membaca dan menjawab soalnya.
5. Manajemen waktu yang 90 menit untuk mengerjakan 100 soal.
6.Jangan lupa bawa KTP pada saat ujian dan juga alat tulis pensil, pena dan kertas
7. Yang ikut SKB adalah yang lolos SKD (ambang batas) kali tiga dari kuota/formasi. 
Contoh: kuota/formasi guru satu instansi/sekolah ada satu. Jd yg ikut SKB adalah 3 org yg paling tinggi nilai SKD nya.
8. Minta doa kedua orang tua kita
9. Lakukan shalat hajat dan tahajjud.

"Smoga tips dan info ini bisa bermanfaat untuk saudara semua dalam menghadapi tes CPNS 2018.," tutup Doni. (UndhariNews)
Pengunjung Web

Anda Pengunjung yang ke - 62648

Link Terkait
Kontak Sekretariat UNDHARI
Jl. Lintas Sumatera, Km. 18, Kec. Koto Baru,
Kab. Dharmasraya, Prov. Sumatera Barat
Kode POS. 26781
Telp. 0813 6367 0736
Email. undhari@gmail.com